• Posted by : ALFIAN AJI WAHYUDI Kamis, 30 Januari 2014

    IRC merupakan singkatan dari Internet Relay Chat. Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk chatting. Untuk menggunakan layanan ini biasanya pengguna cukup mendaftar ke server IRC yang di inginkan.

    Komunikasi dengan menggunakan IRC disebut chatting. Komunikasi seperti ini sangat bermanfaat terutama bila kita ingin bercakap-cakap secara langsung dengan orang lain yang lokasinya sangat jauh, tetapi tidak memungkinkan atau terlalu mahal untuk berkomunikasi menggunakan telepon.

    IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan.

    IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (biasa di panggil
    "WiZ") pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet. Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan). Sekarang IRC sudah digunakan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

    Pada tahun 1992 Internet Relay Chat (IRC) kemudian disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipergunakan.

    Contoh alat komunikasi IRC pada saat ini adalah Yahoo! messenger, google talk (Gtalk), imessage (biasa digunakan oleh pengguna Macintosh), dan masih banyak lagi

    Tidak hanya berkomunikasi melalu tulisan, saat ini program IRC telah didukung dengan fasilitas voice dan video call dimana komunikasi dapat dilakukan dengan suara dan bertatap muka melalui fasilitas web cam yang telah tersedia sesuai dengan fasilitas komputer klien masing-masing.

    IRC yang terkenal saat ini yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video call adalah SkyPie

    0 komentar

  • SUMMER WARS サマーウォーズ

    - Copyright © 2009-2013 ALFIAN AJI WAHYUDI - Unbreakable Machine Doll - Powered by Blogger - Designed by johanes djogan -

    y